Profil

Profil Karang Taruna

logo-karang-taruna2-copy
Logo Karang Taruna

Aditya Karya Mahatva Yodha!!! Halo sobat Karya Bhakti dimanapun kalian berada, ketemu lagi sama mimin yang senantiasa selalu ketceh badai dalam setiap suasana :p

Kali ini mimin akan mengulas mengenai profil Karang Taruna yang ada di tempat mimin, dan pasti sobat-sobat udah pada tahu kan?? Terpampang jelas noh jodohnya  blognya. Yup, karang taruna ditempat mimin punya nama yang ketceh tiada duanya kayak mimin yaitu KARYA BHAKTI. Okelah daripada keburu baper gegara baca blog aja sampe keliru jodoh kuy deh kita lanjut aja.

Apa sih Karang Taruna itu?

 

img_2328-copy
Anggota Karang Taruna Karya Bhakti

 

Diantara kalian pasti deh udah kelewat sering denger kata KARANG TARUNA, atau jangan-jangan pas ditanya sama temen, sahabat, pacar malah bingung tujuh turunan. Wah bahaya banget nih buat sobat yang belum tahu apa itu Karang Taruna, apalagi yang sampe bingung tujuh turunan tuh. Biar nambah wawasan, nih mimin kasih tahu apa itu Karang Taruna.

Yaitu organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnyagenerasi muda di wilayah desa/kelurahan, yang terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Nah dari sini pastideh sobat sudah mulai paham mengenai apa itu Karang Taruna dan perannya dimasyarakat. Sekarang tengok dikampung sekitar tempat sobat tinggal, ada tidak kumpulan anak muda yang suka gruduk-gruduk kalo ada acara kampung?? entah itu kerja bakti atau mungkin sekedar kumpul-kumpul membaur dengan masyarakat disekitar tempat sobat tinggal. Sudah dipastikan 99,99% kalo mereka itu para anggota muda Karang Taruna. Dan selamat!! sobat beruntung ternyata di sekitar kampung kalian masih ada generasi muda macam itu.

Baca juga: Dasar Hukum Karang Taruna>>>

Tahu ga kenapa mimin ngucapin selamat buat sobat yang di tempatnya ada organisasi Karang Taruna? hmm jadi gini loh sob, selain diorganisasi Karang Taruna terkenal punya hobi gruduk-gruduk buat ngelakuin berbagai macam kegiatan sosial dan mengabdi kepada lingkungan masyarakat namun ada hal lain juga nih yang perlu diketahui. Dengan adanya Organisasi Karang Taruna seperti itu maka sudah cukup menandakan bahwa disekitar tempat tinggal sobat memiliki potensi bibit pemimpin yang bisa dikatakan ciamik deh. Bisa mimin jamin mereka-mereka yang berkecimpung dalam kegiatan sosial Karang Taruna memiliki jiwa pemimpin yang ga bisa diragukan. 

Mengapa Harus Karang taruna?

“Mengapa harus karang taruna?” hayo kalo ada pertanyaan macem itu kira-kira apa yang bakal sobat lakuin? Bingung terus kabur? Kejang-kejang kayak ditanya kapan nikah? Atau mungkin malah nyanyi lumpuhkanlah ingatanku? haha tentu jangan sampe terjadi mecem itu lahya. Biar bisa jawab kuy mohon dipersilahkan deh mimin buat turun tahta, eh turun tangan maksudnya.

Jadi gini sob, kalo kalian-kalian pada lagi diserang pertanyaan “Kenapa Harus Karang Taruna?” jawabnya simpel aja kok, Karang Taruna itu mampu melahirkan calon 3P (Penerus, Pemimpin, Perubah) yang menentukan kemajuan bangsa Indonesia, yah paling tidak untuk kemajuan kampung sendiri aja deh kalo kemajuan bangsa dirasa terlalu muluk dan berat. Eitss.. tapi tidak menutup kemungkinan loh kalo yang dirasa muluk dan berat itu bakal terwujud. Sobat inget bahasa jawanya “Nothing is Impossible” kan? yang kalo diartiin pake bahasa inggris artinya tak ada yang tak mungkin, namun dengan tanda kutip harus disertai dengan usaha yang sungguh-sungguh lohya. Mimin juga mengutip kata-kata motivasi dari Bapak Presiden kita yang pertama Bung Karno, kayak gini isi kutipannya;

Berikan aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.

Wuihh, menggetarkan hati banget bukan. Nah dari kutipan tersebut kita sebagai pemuda sudah sangat dielu-elukan sekali dengan kata-kata diatas. lewat kata kutipan tersebut, Bung Karno mewakili hati seluruh warga Indonesia dan mempercayakan perubahan  dunia kepada kita para generasi muda. Dan sebagai penunjang cita-cita Bung karno tersebut dibuatlah sebuah wadah pembinaan para pemuda yang disebut sebagai Karang taruna. Melalui Karang Taruna inilah kita sebagai generasi muda akan dibina dan mendapat kesempatan untuk belajar berorganisasi.

Baca juga: Tujuan, Tugas &  Fungsi Karang Taruna>>>

Yang membedakan Organisasi Karang Taruna dengan Organisasi lainnya adalah Karang Taruna lebih terbuka dibandingkan kebanyakan Organisasi lain. Karang Taruna terbuka bagi berbagai macam latar pendidikan, suku, ras, agama seseorang, entah orang tersebut sudah paham betul bagaimana berorganisasi yang baik dan bahkan terbuka bagi mereka yang mungkin hampir tidak pernah berorganisasi sama sekali. Sehingga hal ini menjadikan Karang Taruna sebagai wadah yang tepat untuk belajar berorganisasi serta mengembangkan aktifitas dan kreatifitas para pemudanya. Tidak hanya ituloh, melalui Organisasi Karang Taruna ini sobat juga bisa ngembangin bakat dan minat loh. Tapi yah tergantung program yang dijalankan juga sih, syukur-syukur aja deh kalo program yang dijalankan sesuai bakat dan minat sobat.

Jadi gimana? Setelah sobat baca artikel ini dari atas sampe bawah apa iya masih mikir-mikir lagi buat gabung kedalam Organisasi Karang Taruna? Atau mungkin bakal diem aja nih setelah tahu di kampung tempat tinggal sobat belum ada Karang Tarunanya? Hmm sayang banget bukan? Ayolah muali sekarang kita ikut action dan ikut ambil andil dalam memajukan pun memberdayakan pemuda yang ada di Indonesia kita tercinta ini. Biar kelak masa depan pemuda, bangsa dan negara kita ini bisa terjamin*amiiiin.

Lanjut Membaca: Mengenal Karang Taruna Karya Bhakti>>>

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: